Main Article Content

Abstract

Maskapai Citilink merupakan maskapai yang memiliki banyak keunggulan dalam pelayanan yang diberikan. Dari tahun ke tahun meningkatnya jumlah penumpang maskapai Citilink, namun masih ada keluhan yang dirasakan oleh penumpang tentang pelayanan yang diberikan. Keluhan atas ketidakpuasaan yang dirasakan tentunya akan berpengaruh terhadap loyalitas penumpang. Tujuan dari penelitian ini tentunya untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas penumpang maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali Jawa Tengah.      Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali Jawa Tengah. Pada penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhanan dan uji hipotesis.     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas penumpang dengan dibuktikannya hasil dari nilai uji linier sederhana 0,233 dan nilai probabilitas signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Besar tingkat kualitas pelayanan terhadap loyalitas penumpang maskapai Citilink di Bandar Udara Adi Soemarmo, Boyolali Jawa Tengah sebesar 0,378 atau 37,8%.

Keywords

Kualitas Pelayanan Loyalitas Penumpang

Article Details