Journal Description

Jurnal Ground Handling Dirgantara diterbitkan untuk mengembangkan kajian di bidang kedirgantaraan khususnya untuk pelayanan dari staff ground di bandara, maupun bidang lain seperti kepariwisataan dan Public Relation.

Journal’s editors welcome writers, either academician or practician in related studies to share their thought and idea. The editors also able to summarize or edit the work without changing the substancies. The manuscripts sent to the editor must be the original and not consider to be published by other journals. Every manuscript sent will be reviewed by editorial board using blind-review system. Jurnal Ground Handling publishes fully open access journals, which means that all articles are available on the internet to all users immediately upon publication. 

TOOLS AND INDEXED

Vol 4 No 02 (2022): Ground Handling Dirgantara

Jurnal Ground Handling Dirgantara ini diterbitkan untuk mengembangkan kajian dibidang kedirgantaraan khususnya untuk pelayanan dari staff ground di bandara, maupun bidang lain seperti kepariwisataan dan public relation. Jurnal Ground Handling Dirgantara mempublikasikan artikel-artikel kajian teoritis maupun empiris yang berkaitan dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan segala pelayanana staff ground di bandar udara maupun bidang lain seperti kepariwisataan dan public relation.

Published: Dec 1, 2022

PENGEMBANGAN KOMPETENSI AIR TRAFFIC CONTROLLER DAN IMPLEMENTASI TUGAS, FUNGSI SERTA TANGGUNG JAWAB KERJA UNIT PELAYANAN AIR TRAFFIC CONTROL SERVICES DI KANTOR AIRNAV CABANG SENTANI

206-212 Shindy Esa Putri Irianto
Read Statistic: 70

ANALISIS KESESUAIAN KAPASITAS DAN FASILITAS TERMINAL KEBERANGKATAN DI BANDAR UDARA H. HASAN AROEBOESMAN ENDE DENGAN JUMLAH PENUMPANG

213-223 Lusia Makriana Ela Olegadi
Read Statistic: 51

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP LAYANAN TAKSI JEMPUT DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG

224-231 Dwiko Satria Bimantara, Desiana Rachmawati
Read Statistic: 50

ANALISIS PERBEDAAN JUMLAH PENUMPANG DOMESTIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 DAN 2021 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

232-237 Nina Ainur Fatimah, Desiana Rachmawati
Read Statistic: 55

PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN GROUND HANDLING GAPURA ANGKASA CABANG JUANDA SURABAYA

238-242 Lutfi Nurmahana
Read Statistic: 45

ANALISIS PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS FREE WIFI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG RUANG TUNGGU TERMINAL BANDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA NUSA TENGGARA BARAT (NTB)

243-252 Yunita Wulandari
Read Statistic: 29

ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN PELAYANAN JASA PENUMPANG PESAWAT UDARA (PJP2U) PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP OPERASIONAL BANDAR UDARA KALIMARAU BERAU

253-260 Aldi Dwi Septian
Read Statistic: 47

ANALISIS MEKANISME SLOT TIME PENERBANGAN KARGO TERHADAP PENYESUAIAN ALUR RANTAI PASOK DALAM MEMINIMALISIR WAITING WASTE WAREHOUSING DI TERMINAL KARGO BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA TANGERANG (STUDI KASUS CARGO SERVICE CENTER GARUDA INDONESIA

261-271 Nefika Prayudha Utami
Read Statistic: 120

PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA PETUGAS PASASI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA KOMODO LABUAN BAJO

272-281 Nur Chairulutfi, Ika Fathin Resti Martanti
Read Statistic: 38

PENGARUH FASILITAS PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG TERHADAP KEPUASAAN PENUMPANG BANDARA RAHADI OESMAN KETAPANG

282-288 Sulistiawati, Kifni Yudianto
Read Statistic: 23

ANALISIS PENGARUH FASILITAS PADA TERMINAL 1 TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA JUANDA SURABAYA

289-295 Annisa Nur Azizah
Read Statistic: 56

ANALISIS PENGARUH FASILITAS TERMINAL KEBERANGKATAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK PRAYA

296-304 Iye Yazid
Read Statistic: 22

PELAYANAN PETUGAS AVIATION SECURITY TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA AJI PANGERAN TUMENGGUNG PRANOTO SAMARINDA

305-310 Mutiara Handayani Aritonang
Read Statistic: 32

ANALISIS OPTIMALISASI KERJA PETUGAS APRON MOVEMENT CONTROL DI UNIT PENYELENGGARA BANDAR UDARA KOMODO LABUAN BAJO FLORES

311-322 Faisal Malik, Zenita Kurniasari
Read Statistic: 45

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BAGASI OLEH PT. LANGGANG BUANA PERKASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BANDAR UDARA SULTAN BABULLAH TERNATE

323-334 Risnayani Abd. Mutalib, Yulia Aji Puspitasari
Read Statistic: 37

PENGARUH KINERJA DAN KUALITAS LAYANAN CHECK-IN COUNTER TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA

335-343 Arneta Febi Astuti, Kifni Yudianto
Read Statistic: 37

RESIKO DAN PENANGANAN KEHILANGAN PAS BANDAR UDARA OLEH PETUGAS UNIT AVIATION SECURITY DAN UNIT KEAMANAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

344-348 Wisbenth Tangguh Wicaksono, Nuning Agustina Ambarsari
Read Statistic: 34

PERAN UNIT APRON MOVEMENT CONTROL (AMC) DALAM MELAKUKAN PENGAWASAN TERKAIT KEDISIPLINAN DAN KESELAMATAN PERGERAKAN DI APRON BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SOLO

349-353 Muhammad Zhofran Rafi, Awan
Read Statistic: 112

OPTIMALISASI PARKING STAND DALAM MENUNJANG KELANCARAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA RAHADI OESMAN KETAPANG

354-366 Dafiq Noor Muhammad, Syifa Fauziyah
Read Statistic: 57

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS DI RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI ERA NEW NORMAL DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA

367-373 Ade Ira Erika, Kifni Yudianto

ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UDARA DI KOTA TARAKAN, KALIMANTAN UTARA

374-377 Ahmad Yusril Anshari, Ika Fathin Resti Martanti
Read Statistic: 51

ANALISIS EFISIENSI PELAYANAN PETUGAS E-HAC DALAM PENGENDALIAN COVID-19 PADA PINTU KEDATANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA

378-386 Syifa Fauziah, Zhellyna Della
Read Statistic: 29

IMPLEMENTASI PERAN UNIT AMC TERHADAP PENEMPATAN PARKING STAND PESAWAT TIDAK TERJADWAL DI BANDAR UDARA DOMINE EDUARD OSOK SORONG, PAPUA BARAT

387-396 Agnes Chichilia T. Koritelu, Elnia Frisnawati
Read Statistic: 50

ON TIME PERFORMANCE MASKAPAI PENERBANGAN KOMERSIL (STUDI KASUS PADA LION AIR RUTE PONTIANAK – SURABAYA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO PONTIANAK)

397-400 Wana Hayatun, Zenita Kurniasari
Read Statistic: 86

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CHECK-IN COUNTER DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG MASKAPAI BATIK AIR PADA BANDAR UDARA INTERNASIONAL RAJA HAJI FISABILILLAH TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU

401-410 Natasya Yolanda Ananta, Faiz Albanna
Read Statistic: 44

ANALISIS KINERJA PELAYANAN PENUMPANG BAGIAN PETUGAS CHECK-IN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK

411-417 Habiba Nutu Demarta, Hodi
Read Statistic: 29

PENGARUH SISTEM INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA BANDAR UDARA ISKANDAR PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH

418-427 Izza Nur Fadhilla
Read Statistic: 38

STRATEGI OPTIMALISASI KINERJA UNIT APRON MOVEMENT CONTROL (AMC) TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL DI BANDARA YOGYAKARTA INTERNSIONAL AIRPORT

428-431 admin admin; Moh. Idham Auliyaurahman
Read Statistic: 69

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG WINGS AIR DI BANDAR UDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA

432-440 Nur Rahmadani
Read Statistic: 13

PENANGANAN SISI UDARA OLEH UNIT APRON MOVEMENT CONTROL DI PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDAR UDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT PADA ERA NEW NORMAL

441-444 Wirawan Wibisono
Read Statistic: 40
View All Issues