Main Article Content

Abstract

Maskapai Citilink salah satu maskapai yang menerapkan dua metode check-in online dan konvensional. Check-in online dapat langsung diakses melalui www.citilink-book.co.id  dan check-in konvensional dapat dilakukan langsung melalui counter check-in yang ada di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan penumpang terhadap layanan check-in online dan konvensional pada maskapai Citilink di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan di counter check-in Citilink di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, populasi penelitian yaitu penumpang maskapai Citilink rute PKY-SUB dengan sampel yang diambil dalam penilitian yaitu 100 responden. Penelitian ini dilakukan uji statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang maskapai Citilink dengan layanan check-in online  dan konvensional,dan  uji nonparametric wilcoxon untuk mengetahui perbedaan kepuasan penumpang terhadap layanan check-in online dan konvensional. Hasil dari uji statistik deskriptif menunjukan tingkat kepuasan penumpang terhadap layanan check-in online pada web check-in maskapai Citilink sangat tinggi, sama dengan tingkat kepuasan penumpang terhadap layanan check-in counter maskapai Citilink menunjukan hasil sangat tinggi. Sedangkan, hasil uji wilcoxon menunjukan nilai asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,278 sehingga penumpang maskapai Citilink rute PKY-SUB tidak memiliki perbedaan kepuasan terhadap layanan check-in online dan konvensional pada maskapai Citilink.

Keywords

Check-in online Check-in konvensional pelayanan

Article Details