Main Article Content

Abstract

Terdapat banyak bandara di Indonesia yang masih belum dapat melayani penerbangan internasional agar dapat mengurangi dampak dari penyebaran Covid-19. Kondisi pandemi yang terjadi juga berdampak kepada petugas imigrasi yang bekerja di TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) karena hampir sebagian petugas menjalani WFH sehingga berdampak kepada kinerja petugas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas kinerja serta bagaimana sistem kerja petugas tempat pemeriksaan imigrasi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo di masa pandemi Covid-19 di tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara serta penyebaran angket/kuesioner kepada petugas imigrasi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. Sedangkan data sekunder berupa kajian pustaka, dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan kualitas kinerja pegawai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas kinerja petugas imigrasi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo sudah cukup baik dari segi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, maupun dari segi kemandirian petugas imigrasi. Hasil dari penelitian juga menunjukan bahwa tidak adanya perbedaan sistem kerja petugas di masa pandemi Covid-19 namun direktorat jenderal imigrasi menetapkan protokol kesehatan dalam melakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap setiap orang yang masuk dan keluar wilayah Indonesia melalui tempat pemeriksaan imigrasi.

Keywords

Kualitas Kinerja petugas Imigrasi Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo

Article Details