Main Article Content

Abstract

 Dalam sebuah Industri penerbangan terkenal dengan istilah “sweeping bagasi” dimana hal tersebut merupakan hal penting dan dilakukan dengan tujuan mengurangi kelebihan bagasi. Sweeping bagasi dilakukan oleh petugas yang nantinya penumpang bisa merasa puas akan pelayanan yang diberikan oleh petugas tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ppengaruh kinerja petugas pasasi saat sweeping bagasi terhadap kepuasan penumpang PT Gapura di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data beruapa penyebaran kuesioner dan studi Pustaka. Data primer berupa hasil dari penyebaran kuesioner dan data sekunder berupa survey dan catatan historis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, relibilitas, uji regresi sederhana, uji hipotesis dan uji determinasi.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel kinerja petugas terhadap variabel kepuasan penumpang. Selain itu, kinerja petugas pasasi dalam sweeping bagasi berpengaruh terhadap kepuasan penumpang dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,632. Hal tersebut berarti bahwa pengaruh kinerja petugas pasasi dalam sweeping bagasi berpengaruh sebesar 63,2% terhadap kepuasan penumpang PT Gapura Angkasa di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianal.

Keywords

Kinerja Petugas Kepuasan Penumpang Sweeping Bagasi Gapura Angkasa

Article Details