Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan pada Sate Kambing Pak Manto. Metode penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan atau konsumen yang pernah berkunjung atau membeli Sate Kambing Pak Manto di Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini ialah 100 responden, berdasarkan perhitungan Slovin. Sumber data penelitian ini ialah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data penelitian menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan Software SMARTPLS. Hasil penelitian ini ialah bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat memediasi hubungan antara harga terhadap loyalitas pelanggan dan hasilnya menunjukkan positif dan signifikan. Kepuasan pelanggan dapat memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan hasilnya menunjukkan positif dan signifikan

Keywords

Harga Kepuasan Pelanggan Kualitas Pelayanan Loyalitas Pelanggan

Article Details