Main Article Content

Abstract

Kinerja merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu pekerjaan, tanpa adanya kinerja yang baik dari karyawan, maka keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan akan sulit tercapai. Sesuai dengan permasalahan secara langsung yang dialami peneliti saat melakukan penerbangan, yaitu terdapat penumpang yang menolak pemeriksaan barang bawaan oleh petugas Aviation Security (AVSEC) di Security Check Point (SCP) Terminal Keberangkatan Bandar Udara Internasional Frans Keisiepo Biak Papua. Namun dengan profesional petugas AVSEC dapat mengatasi permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yakni memahami kinerja petugas AVSEC saat melakukan pemeriksaan barang penumpang berikut dengan kendala dan upaya yang dilakukan demi ketertiban publik di SCP Terminal Keberangkatan Bandar Udara.


Metode penelitian kualitatif berikut menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan uji keabsahan data yang memperhatikan kredibilitas, tranferabelitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Serta Teknik analisis yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan.


Hasil penelitian didapatkan bahwa kinerja AVSEC dalam menangani pemeriksaan barang bawaan penumpang sudah sangat baik sesuai SOP serta regulasi yang berlaku, meskipun dari perkiraan kuantitas kinerja petugas AVSEC sekitar 80 – 85% dikarenakan masih terdapat beberapa kendala dari segi SDM dan peralatan. Kendala tersebut seperti banyaknya temuan Barang dilarang seperti Benda mudah terbakar, benda tajam, dlsb yang berulang. Upaya untuk menangani kendala yang dialami oleh petugas AVSEC dengan melakukan pemeriksaan Random check, melakukan pemeriksaan manual untuk memastikan keamanan dari penumpang maupun barang bawaan penumpang, menjelaskan kepada penumpang ketentuan dan SOP serta regulasi yang dipakai saat itu, hingga menindak dengan tegas penumpang yang masih tidak terima dengan mengarahkan penumpang ke pihak maskapai hingga kepolisian untuk ditindak lebih lanjut.

Keywords

Aviation Security Kinerja Security Check Point (SCP)

Article Details