Main Article Content

Abstract

Industri perusahaan penerbangan yang semakin ketat akan persaingan, penyedia jasa tentunya harus mengatur strategi pengelolaan manajemen yang tepat untuk memberikan pelayanan yang baik agar menarik minat konsumen terhadap masing-masing maskapai penerbangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penanganan yang diberikan oleh PT. DMK Cargo apabila terjadi kehilangan atau kerusakan pada barang saat proses pengiriman dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada proses tracking di PT. DMK Cargo. Penelitian dilakukan di PT. DMK cargo di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo solo pada Januari 2023. Desain penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Kehilangan atau kerusakan pada barang yang sedang dalam proses pengiriman dan adanya ketidakcocokan antara fisik dan aktual barang yang ada pada sistem saat melakukan proses tracking. Staf operasional berperan penting dalam menunjang kegiatan operasional yang ada di PT. DMK Cargo yang berhubungan langsung dengan proses pengiriman barang yang akan dilakukan proses tracking. PT. DMK Cargo melakukan konfirmasi secara langsung kepada pihak airline untuk meminta surat BA (berita acara) agar mempermudah pelacakan terhadap barang dengan menggunakan proses tracking. Untuk mengatasi hal ini pihak perusahaan selalu melakukan konfirmasi atau koordinasi ke pihak airline dari daerah awal barang sampai dengan tujuan akhir barang tersebut diterima.


Kata Kunci: tracking, transportasi, pengiriman barang

Keywords

Tracking Transportasi Pengiriman Barang

Article Details