Main Article Content

Abstract

Strategi pemasaran Word of Mouth disebut juga komunikasi mulut ke mulut merupakan proses pemberian rekomendasi dari pelanggan terhadap suatu produk atau jasa. Strategi ini membantu perusahaan menguatkan kepercayaan di mata pelanggan serta memiliki biaya yang relatif rendah. STTKD Training Center sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan penerbangan yang menawarkan program-program lisensi yang diakui, perlu mengembangkan strategi agar dapat terus menarik peserta pelatihan secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis Word of Mouth dan indikator Word of Mouth di STTKD Training Center. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kemudian direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimuplkan strategi pemasaran Word of Mouth STTKD Training Center Yogyakarta sebagai berikut: 1. Jenis-jenis Word of Mouth yang terdiri dari Organic Word of Mouth dan Amplified Word of Mouth telah ada di STTKD Training Center. Organic Word of Mouth menunjukkan adanya kepuasan dari pelanggan STTKD Training Center yang meliputi perserta pelatihan, alumni pelatihan, orang tua peserta, guru asal sekolah peserta dan kolega terhadap pelayanan pendidikan dan pelatihan STTKD Training Center. Pelanggan tersebut secara alami merekomendasikan STTKD Training Center kepada teman atau relasi. Amplified Word of Mouth pada STTKD Training Center menunjukkan bahwa upaya sengaja yang dilakukan oleh tim marketing STTKD Training Center yaitu pembicaraan yang dimulai oleh kampanye yang disengajakan untuk membuat orang-orang berbicara dan merekomendasikan kepada teman atau relasinya. 2. Indikator Word of Mouth di STTKD Training Center dapat disimpulkan memenuhi semua indikator yakni adanya kemauan konsumen dalam membicarakan hal-hal positif tentang kualitas pelayanan dan produk kepada orang lain, rekomendasi jasa dan produk perusahaan kepada orang lain dan dorongan terhadap teman atau relasi untuk melakukan pembelian terhadap produk dan jasa perusahaan.

Keywords

Word of mouth strategi pemasaran training center

Article Details