Main Article Content

Abstract

Salah satu sumber pendapatan asli daerah salah satunya adalah dari pajak daerah yang secara efektif dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah sehingga menjadi laju pertumbuhan ekonomi jangka panjang di setiap daerah untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Jadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas, kontribusi pendapatan dan laju pertumbuhan pajak hotel dan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Banjarnegara.


Jenis penelitian ini menggunakan metode campuran yang datanya diperoleh melalui Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Banjarnegara mengenai anggaran dan realisasi pajak hotel dan pajak reklame periode lima tahun dari tahun 2018-2022 yaitu data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan metode snowball sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis efektivitas, analisis kontribusi dan analisis laju pertumbuhan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas yang dihasilkan dari pajak hotel dan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah dapat dikatakan sangat efektif namun hasil kontribusi pendapatan tersebut masih sangat kurang dan terhadap laju pertumbuhan pajak hotel dan pajak reklame. bisa dikatakan tidak berhasil. Sehingga pemerintah daerah diharapkan mampu mengelola pendapatan daerah agar dapat sesuai dengan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banjarnegara.

Keywords

Kata Kunci: Efektivitas, Kontribusi Penerimaan, Laju Pertumbuhan Pajak Hotel Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah

Article Details