Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh social media marketing, inovasi sarana prasarana dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan berwisata di solo. Metode penelitian ini ialah kualitatif, adapun desain penelitian ini adalah korelasional. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan mengumpulkan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi objek wisata. Populasi dalam penelitian ini adalah pariwisata di Kota Solo. Dalam penelitian ini terdapat tiga objek wisata yang dijadikan sampel yakni Heritage Batik Keris, Pura Mangkunegaran, dan Rumah Atsiri Indonesia.  Hasil penelitian ini ialah social media marketing pada penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berwisata. Inovasi sarana prasarana pada penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berwisata. Kualitas pelayanan pada penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berwisata Menurut data yang sudah dihasilkan dari hasil wawancara, disebutkan bahwa social media marketing, inovasi sarana prasarana, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap ketiga objek pariwisata yang sudah diteliti, objek pariwisata tersebut yaitu Heritage Batik Keris (Omah Lowo), Pura Mangkunegaran, dan Rumah Atsiri Indonesia.

Keywords

Inovasi, Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana, Social Media Marketing, Wisatawan

Article Details