Main Article Content

Abstract

Luapan air merupakan sebuah masalah yang berpotensi menimbulkan terganggunya operasional bandara serta keselamatan, keamanan dan kenyamanan petugas maupun pengguna jasa. Pengawasan terkait penanganan luapan air tersebut merupakan tanggung jawab dari unit Terminal Service Officer (TSO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengawasan, hambatan dan dampak pasca luapan air oleh Petugas unit Terminal Service Officer (TSO).


Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang berupa hasil observasi secara langsung, hasil wawancara kepada 5 narasumber dan hasil dokumentasi. Selain itu terdapat data sekunder yang digunakan seperti jurnal penelitian terdahulu, prosedur mutu kerja, dan data lainnya yang berkaitan dengan penelitian yang kemudian diolah menggunakan metode triangulasi.


Hasil dari penelitian menunjukan bahwa semua proses pembersihan, pengeringan, perbaikan dan hasil kerja diawasi langsung oleh petugas unit Terminal Service Officer (TSO). Hambatan yang dihadapi keterbatasan SDM, minimnya peralatan dan kesiapan petugas dalam menghadapi luapan air. Dampak yang ditimbulkan yaitu tidak berfungsinya fasilitas bandara, kelelahan yang dialami petugas, macetnya pendistribusian tray bandara dan terganggunya operasional tenant.

Article Details