Main Article Content

Abstract

Pelayanan kepada penumpang yang mengatasi masalah bagasi penumpang yang mengalami irregularities, kerusakan bagasi, kehilangan bagasi dan keterlambatan bagasi atau barang bawaan penumpang merupakan tugas dari unit lost and found. Kasus kehilangan bagasi masih terjadi pada PT Avia Citra Dirgantara Bandar Udara Abdulrahman Saleh Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kurang bagasi / Advice Handling  (AHL) Di Bandar Udara Abdulrahman Saleh Malang dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek pada penelitian ini adalah karyawan lost and found sedangkan objek pada penelitian ini adalah penyebab kurang bagasi / Advice Handling (AHL) dan cara penangananya di Bandar Udara Abdulrahman Saleh Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di Bandar Udara Abdulrahman Saleh Malang pada April 2023.Hasil dari penelitian ini adalah Penyebab kurang bagasi atau Advice Handling di Bandar Udara Abdulrahman Saleh Malang terdiri dari beberapa faktor, yaitu label tag bagasi yang terlepas,  human eror, banyaknya label pada koper, bagasi yang tertukar dengan penumpang lain, dan adanya penumpang yang lupa mengambil bagasi miliknya dan Petugas akan mencari tahu claim tag bagasi yang mengalami Advice Handling, Petugas Lost and Found melakukan crosscheck ke breakdown checklist untuk memastikan terdapat nomornya atau tidak, jika bagasi sudah ditemukan maka akan diserahkan kepada penumpang dengan syarat sesuai aturan yaitu identitas KTP dan boarding pass harus sesuai dengan claim tag.

Keywords

Kehilangan Bagasi, Lost and Found serta PT Avia Citra Dirgantara Bandar Udara Abdulrahman Saleh Malang Lost and Found Baggage and PT Avia Citra Dirgantara Abdulrahman Saleh Airport Malang

Article Details