Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaturan data underload dari loadsheet dan pengaturan LMC (Last Minute Change) terhadap data muatan weight and balance pada pesawat ATR 72-600 Maskapai Wings Air untuk mencapai titik keseimbangan yang ideal. Metode penelitian ini menggunakan mix methods yaitu perhitungan kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan, serta didukung dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 7 April 2023 sampai dengan 24 April 2023, di bandar udara Sultan M Kaharuddin Sumbawa PT. Merpati Angkasa Abadi. Penelitian ini dilakukan pada unit Load Control, data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan pada unit Load Control. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam perhitungan data underload dari loadsheet tidak ditemukan overload yang signifikan. Pengaturan muatan jika terjadi LMC (Last Minute Change), jika load penumpang kurang dari 500kgs maka cukup dituliskan pada kolom LMC pada loadsheet dan tidak perlu mengganti dengan loadsheet baru. Pengaturan barang muatan (cargo) apabila overload, Load Control dan Load Master harus berkoordinasi melakukan offload pada kompartemen depan maupun belakang untuk memaksimalkan ground time pesawat ATR 72- 600 Maskapai Wings Air dengan rute Sumbawa (SWQ) – Lombok (LOP). 

Keywords

Weight and Balance Underload Last Minute Change

Article Details