Main Article Content

Abstract

Transportasi udara merupakan salah satu urat nadi perekonomian suatu bangsa. Pengembangan transportasi udara yang berkelanjutan menjadi tugas pemerintah dalam meningkatkan perekonomian rakyat. Hal ini dapat menjadi sebuah peluang yang memiliki potensi yang sangat besar, karena saat ini orang tidak ingin mengambil waktu lama dalam berpergian melintasi pulau di Indonesia dan saat ini kebanyakan orang memilih menggunakan jasa transportasi yang nyaman dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di tempat tujuan. Pada maskapai Wings Air terdapat kasus-kasus insiden penerbangan yang dapat membuat persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan industri penerbangan Wings Air yang memburuk. Beberapa kasus tersebut yaitu delay puluhan,hilangnya koper, pembatalan pemberangkatan penumpang pengguna Wings Air, tidak cepat tanggap dalam merespon permasalahan/keluhan penumpang,tidak cepat tanggap penumpang yang butuh bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh harga terhadap kepuasan penumpang di Bandar udara sultan Muhammad salahuddin bima, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap terhadap kepuasan penumpang di Bandar udara sultan Muhammad salahuddin bima, (3) pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang di Bandar udara sultan Muhammad salahuddin Bima. (4) Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang Wings Air di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, (2) kuaitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, (3) harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Variabel kepuasan penumpang di pengaruhi variabel  harga dan kualitas pelayanan sebesar 35,0%% dan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variasi variabel dalam penelitian ini. (4) besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang Wings Air di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima sebesar 35%.

Keywords

Harga Kualitas pelayanan Kepuasan Penumpang Wings Air

Article Details