Main Article Content

Abstract

Lombok International Airport adalah bandar udara internasional yang melayani rute penerbangan domestik dan internasional yang berlokasi di kabupaten Lombok Tengah. Bandar udara ini dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I dan dibuka pertama kali pada tanggal 01 Oktober 2011 dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Adapun masalah yang sering terjadi yaitu ketika melonjaknya para penumpang ketika ada acara tertentu, yang menyebabkan para penumpang yang akan melakukan reservasi tidak mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan sedikit berbeda pada tahun sebelum adanya covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja pelayanan peumpang bagian petugas check-in dimasa pandemi covid-19, dan untuk mengetahui perubahan pelayanan penumpang di Era new normal melalui model perubahan sebelumnya serta dapat mengetahui pelayanan bagian petugas check-in memberikan kesan yang baik bagi Penumpang di masa pandemi covid-19 di Bandar udara internasional lombok. Penelitian ini dilaksanakan di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Proses pengumpulan data ini berlangsung sejak tanggal 18 s/d 31 oktober 2021 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui metode studi pustaka dan metode wawancara terhadap informan serta observasi lapangan dengan tambahan dokumentasi saat dilapangan.  Berdasrkan hasil pengamatan Observasi dan Wawancara Pada pembahasan tentang Analisis Penumpang Bagian Petugas Check-in dimasa pandemi Covid-19 di Bandara Zainuddin abdul madjid lombok, hal ini dapat disimpulkan bahwa secara umum petugas check-in telah melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik dalam melakukan pelayanan terhadap penumpang yang akan melakukan perjalanan udara dalam masa pandemi Covid-19. kurangnya petugas check-in di masa pandemi mengakibatkan kelalayan waktu dalam penerbangan pesawat sehingga perlu membuka beberapa meja check-in agar terhindar dari antrian yang panjang. Kemudian tersedianya fasilitas lainnya untuk mengurangi tersebarnya virus corona yang ada seperti Hand-sanitizer dan masker.

Keywords

Kinerja Pelayanan Penumpang Check-in Counter Bandar Udara Internasional Abdul Madjid Lombok

Article Details