Main Article Content

Abstract

Transportasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat saat ini. Dengan berkembang nya teknologi transportasi udara menjadi salah satu alternatifnya. Saat ini sudah banyak perusahaan dibidang jasa yang bersaing untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bandar Udara International Yogyakarta merupakan salah satu nya yang menawarkan jasanya dibidang penerbangan. Bandar udara dituntut untuk selalu memperbaiki fasilitas dan kinerja kualitas pelayanannya salah satunya di area check in counter. Pelayanan yang sesuai dengan harapan dapat memberikan kepuasan bagi pengguna jasa bandar udara, karena kualitas memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner dengan sampel yaitu 60 responden serta data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda. Teknik pengambilan sampel tidak dipilih secara acak dan teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna check in counter di Bandar Udara International Yogyakarta sudah baik dan memiliki beberapa pengaruh positif dan juga signifikan. Hal ini menandakan bahwa semakain tinggi tingkat kinerja dan kualitas layanan di Check in counter semakin tinggi pula kepuasan penumpang yang dirasakan. Karena dengan adanya tingkat kinerja dan kualitas layanan yang baik dan efisien di check in counter dapat menjadi nilai positif bagi perusahaan.


Kata kunci: Kinerja dan kualitas layanan, Check in counter, kepuasan penumpang.

Keywords

kinerja dan kualitas layanan check-in counter kepuasan penumpang

Article Details