Main Article Content

Abstract

Pelayanan petugas keamanan atau Aviation Security (AVSEC) di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda menjadi hal yang sangat penting sebagai personil keamanan penerbangan yang telah (wajib) memiliki lisensi atau surat tanda kecakapan petugas (STKP) yang diberi tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan. Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) untuk mengetahui pengaruh pelayanan petugas Aviation Security terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan petugas Aviation Security terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yakni data yang dikumpulkan dengan cara menebar kuesioner atau angket secara langsung kepada 100 responden atau pengguna jasa bandara di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan dianalisis menggunakan SPSS 23.0. Setelah menyebarkan kuesioner kepada 100 responden selanjutnya dari data yang diperoleh dilakukan uji validitas, uji regresi linier sederhana, uji T dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara pelayanan petugas Aviation Security terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan nilai T hitung 17,744 > T tabel 1,98447. Berdasarkan hasil yang diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,763 atau 76,3% artinya, terdapat 76,3% pengaruh pelayanan terhadap kepuasan penumpang, sedangkan sisanya sebesar 23,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords

pelayanan petugas aviation security kepuasan penumpang

Article Details