Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Rahadi Oesman Ketapang adalah bandar udara yang terletak di Kabupaten Ketapang Kota Delta Pawan, Provinsi Kalimantan Barat. Bandara yang berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Kedapang ini merupakan satu-satunya bandara yang ada di kabupaten kabupaten Ketapang. Waktu operasional bandara kelas tiga (domestik) ini adalah 7 jam (07.00 – 14.00) WIB. Luas terminal bandar udara Rahadi Oesman 571, 38 m².( Direktorat Jendral Perhubungan udara , 2006- 2018). Selaku faktor pendorong di Kabupaten Ketapang, transportasi udara jadi jasa transportasi yang efisien buat membuka wilayah terisolasi serta pula melayani daerah- daerah terpencil di Kabupaten Ketapang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitaif dimana peneliti melakukan kegiatan penyebaran kuesioner atau angket, observasi dan dokumentasi secara langsung di Bandar Udara Rahadi Oesman Ketapang. Dalam menyebarkan kuesioner atau angket peneliti langsung menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu penumpang di Bandar Udara Rahadi Oesman Keatapang. Peneliti mendatangi secara langsung ke lapangan dalam melakukan observasi guna mengetahui secara langsung fasilitas pelayanan terminal penumpang yang ada di Bandar Udara Rahadi Oesman Ketapang.  Peneliti melakukan dokumentasi secara langsung dengan pengambilan gambar sebagai data pendukung.Hasil peneilitian menunjukan bahwa Pengaruh Fasilitas Pelayanan Terminal Penumpang Terhadap Kepuasaan Penumpang Bandar Udara Rahadi Oesman Ketapang sudah cukup memenuhi Bandar Udara Kelas dua hanya terdapat kekurangan yaitu kurang nya fasilitas pelayanan trolley bagi bagasi atau barang bawaan penumpang yang kurang memadai.

Keywords

Fasilitas Pelayanan Terminal penumpang

Article Details