Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas free wifi terhadap kepuasan penumpang. Dan (2) seberapa besar pengaruh ketersediaan fasilitas free wifi terhadap kepuasan penumpang ruang tunggu terminal Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mempunyai dua variabel yaitu variabel independen (X) ketersediaan fasilitas free wifi dan variabel dependen (Y) kepuasan penumpang dengan jumlah sampel sebanyak 64 sampel. Data penelitian diambil melalui angket yang disebarkan kepada penumpng di area ruang tunggu keberangkatan kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana melalui koefisien determinasi (R2) dan uji t dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows 2007. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ketersediaan fasilitas free wifi berpengaruh positif terhadap kepuasan penumpang dengan nilai thitung sebesar 10,034 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) besar pengaruh ketersediaan fasilitas free wifi sebanyak 61,9%, hasil dari uji Regresi Linier Sederhana.

Keywords

fasilitas kepuasan penumpang

Article Details