Main Article Content
Abstract
Kualitas pelayanan check-in counter dan kualitas informasi merupakan saran penunjang yang sangat penting dalam memberikan pelayanan di Bandar Udara. Pelayanan merupakan salah satu aspek yan sangat penting dalam dunia penerbangan, dikarenakan pelayanan yang baik dan informasi yang akurat dan relevan berdampak pada kepuasan penumpang. Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan check-in counter dan kualitas informasi pada Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabililah berdampak pada kepuasan yang dirasakan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan check-in counter dan kualitas informasi terhadap kepuasan penumpang pada Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dan metode sampel menggunakan teknik simple random sampling yang didistribusikan kepada penumpang pada Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang sebanyak 100 reponden dengan teknik analisis data memakai uji regresi linier berganda, Uji T, Uji F dan koefisien determinasi(R2). Berdasarkan hasil olah data terhadap kepuasan penumpang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan check-in counter berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang diketahui dengan melihat nilai t hitung sebesar 2,195 > t tabel 1,985, kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang diketahui dengan melihat nilai t hitung sebesar 2,567 > t tabel 1,985, kualitas pelayanan check-in counter dan kualitas informasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan penumpang pada maskapai batik air pada Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang Kepulauan Riau. Variabel kepuasan penumpang dipengaruhi variabel kualitas pelayanan check-in counter dan kualitas informasi sebesar (0,497) 49,7% dan sisanya 50,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variasi variabel dalam penelitian ini.