Main Article Content

Abstract

Peningkatan ketepatan waktu penerbangan tidak kalah pentingnya dengan pembangunan infrastruktur transportasi, peralatan pendukung, dan pelayanan. Penumpang akan lebih percaya pada maskapai penerbangan jika penerbangan mereka tepat waktu, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya saing mereka. Untuk tujuan menghitung On Time Performance (OTP) sebuah maskapai penerbangan, orang melihat kemampuan perusahaan untuk memenuhi janjinya untuk naik dan mendarat tepat waktu. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui On Time Performance (OTP) maskapai penerbangan komersial di Bandara Internasional Supadio Lion Air Pontianak, dan penyebab kegagalan maskapai komersial untuk mencapai OTP (studi kasus pada Lion Air rute Pontianak - Surabaya di Bandara Internasional Supadio Pontianak). Penelitian dilakukan di Bandara Internasional Supadio Pontianak, dengan jenis penelitian kualitatif. Data untuk penelitian ini berasal dari wawancara dan observasi primer dan sekunder, serta dokumentasi. Persentase tingkat On Time Performance (OTP) pada tahun 2017 – 2020 mengalami penurunan dengan persentase terendah 47%, pada tahun 2021 persentase On Time Performance (OTP) mengalami kenaikan 15% menjadi 62%. Pada hari raya Idulfitri dan hari raya Natal memiliki On Time Performance (OTP) baik yaitu dengan On Time Performance (OTP) 100%. Faktor yang menyebabkan tidak tercapainya On Time Performance Maskapai penerbangan komersil (Studi kasus pada Lion Air Rute Pontianak – Surabaya di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak) yaitu faktor cuaca, faktor Teknik, faktor operasional.

Keywords

On Time Performance Penerbangan Komersil

Article Details