Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang sangat pesat di dunia penerbangan pastinya mempunyai kontribusi terhadap meningkatnya kualitas pelayanan di Bandar Udara, diikuti dengan keinginan masyarakat untuk memperoleh kemudahan dalam melakukan kegiatan sehari hari mendorong pesatnya kemajuan teknologi. Teknologi. Maskapai yang dapat memberikan layanan yang berkualitas dan mempertahankan kepercayaan penumpang akan menimbulkan kepuasan penumpang. Oleh karena itu bandara sebagai komponen penting dalam transportasi udara merupakan mata rantai yang vital dalam sistem transportasi antar moda kinerja pelayanan staffBandar Udara Iskandar Pangkalan Bun perlu dipadukan dengan meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien. Metode penelitianxxx yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioneryang disebar secara langsung maupun media sosial kepada sasaran narasumber yang ditujumenggunakan skala likert dengan jumlah responden sebanyak 100 orangyangdilaksanakan di Bandar Udara Iskandar Pangkalan BunKalimantan Tengah pada tanggal 1-31 Oktober 2021. Hasil dari penelitian secara (parsial) diperoleh bahwa variabel sistem Informasi (X1) tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan penumpangdengan nilai Sig.0,337 > Probabilitas 0,05. Sedangkan variabel kualitas pelayanan (X2) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun dengan nilai Sig.0,00< Probabilitas 0,05.Secara simultan (bersama sama) variabel sistem informasi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan penumpang (Y) di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun dengan nilai Fhitung, > Ftabel atan 43.233 > 3.09, dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05.Besarnya pengaruh dari masing- masing variabel X1 dan X2 adalah senilai 0,471 atau (47,1%).

Keywords

Sistem Informasi Kualitas Pelayanan Kepuasan Penumpang Bandar Udara Iskandar

Article Details