Main Article Content

Abstract

Perusahaan yang bergerak di bidang ground handling yang berada di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate adalah PT. Langgang Buana Perkasa. Bagi perusahaan, pelayanan adalah yang utama. Namun ditemukan sebuah laporan yang di terima Polda Maluku Utara, dan melakukan menangkap dua orang pelaku pembobolan bagasi yang di duga adalah karyawan dari PT. Langgang Buana Perkasa. Penelitiannini untuk menjawab apakahhterdapat pengaruh dan seberapaabesar pengaruhhkualitas pelayanan bagasi olehhPT. Langgang Buana Perkasa terhadap kepuasannpelanggan di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Penelitiannini menggunakan dataakuantitatif. Dataayang di gunakan dalam penelitian ini ialah dataaprimer serta data sekunder. Tehnik analisissdata yanggdigunakan yaitu analisissregresi linearrsederhana, UjiiT, koefisiennkorelasi, dan koefisienndeterminasi. Hasil pengujian hipotesissmenggunakanuUji T menunjukkan Terdapat pengaruhhpositif dannsignifikan dengan nilai thitung 15,637 nilai ttabel 1,985 dan hasil pengujian Koefisien Determinasimmenunjukkan seberapa besar pengaruh variabel X terhadappvariabel Y yaitu dengan nilai sebesar 0,722 atau 72,2%, sedangkan sisanyaasebesar 27,8% disebabkan oleh faktorrlainnyang tidak diteliti oleh peneliti. Penangana bagasi oleh PT. Langgang Buana Perkasa sudah sesuai dengan Standar Operating Procedure (SOP).

Keywords

Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan

Article Details