Main Article Content

Abstract

Fasilitas ialah sarana atau alat-alat yang digunakan untuk mendukung dan membantu sebuah kegiatan. Di Bandar Udara sendiri, fasilitas memberikan peranan yang sangat penting untuk membantu kegiatan operasional di Bandar Udara. Fasilitas yang memadai dan dapat memenuhi segala kebutuhan kegiatan operasional tentu tidak hanya membantu melancarkan kegiatan, namun juga memberikan rasa nyama dan kepuasan bagi para penumpang yang memakai jasa angkutan Udara. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh Fasilitas Terminal Keberangkatan terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Lombok Praya. Kegiatan penelitian dilakukan bulan Juli 2021 dimana populasi dalam penelitian ini ialah penumpang di Bandar Udara Internasional Lombok Praya serta sampel yang digunakan untuk melakukan penelitian ialah sebanyak 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket/kuesioner, serta Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana, uji t, dan uji determinasi. Dari hasil Uji Regresi pada penelitian ini, maka diperoleh koefisien regresi Variabel Fasilitas Terminal Keberangkatan ialah sebesar 0,936 dimana jika dilihat hasil koefisien tersebut ialah positif, sehingga disimpulkan jika pengaruh Fasilitas Terminal terhadap kepuasan penumpang bernilai positif. Hasil dari Uji T dalam untuk menentukan hipotesis memperoleh  hasil probilitas (signifikan 0,000<0,05 dan hasil t hitung > t tabel yaitu 17,445> 1,984 sehingga didapatkan Ha diterima serta Ho. Maka diperolehlah kesimpulan Ada Pengaruh Yang Signifikan dari Fasilitas Terminal Keberangkatan Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Lombok Praya. Berdasarkan dari uji koefisien Determinasi yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa besar pengaruh Fasilitas Terminal Keberangkatan di Bandar Udara Internasional Lombok Praya terhadap Kepuasan Penumpang adalah sebesar 20,7%.

Keywords

Fasilitas Terminal Keberangkatan Bandar Udara Kepuasan Penumpang

Article Details