Main Article Content

Abstract

Air Traffic Controller (ATC) mempunyai tuntutan dan kewajiban dengan masing-masing tanggung jawabnya dalam memberikan pelayanan navigasi penerbangan berdasarkan unit pelayanan yang diberikan. Pembagian tugas, fungsi dan tanggung jawab ATC dibagi sesuai dengan pendidikan, license dan rating/batasan kewenangan ATC pada unit pekerjaan sesuai dengan lisensi yang dimiliki. Personil ATC  Airnav Indonesia wajib mengikuti uji rating enam bulan sekali. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan kompetensi, implementasi pembagian tugas, fungsi dan tanggung jawab ATC berdasarkan unit pelayanan Air Traffic Control Services di Kantor AirNav Cabang Sentani. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui wawancara,dokumentasi dan studi pustaka akan dianalisis dan disajikan dengan teknik analisis data interaktif. yang terdiri atas tiga komponen proses analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Kantor Airnav Cabang Sentani  memiliki 2 unit pelayanan Air Traffic Services: Aerodrome Control Unit dan Approach Control Unit. Personil ATC di Kantor AirNav Cabang Sentani memiliki 3 jenis rating antaralain : Aerodrome control rating, Approach control procedural dan surveillance rating, implementasi Tugas, Fungsi Serta Tanggung Jawab Kerja Unit Pelayanan Air Traffic Control Services di Kantor Airnav Cabang Sentani dibagi berdasarkan rating yang dimiliki. Pengembangan kompetensi ATC di Kantor Airnav Cabang Sentani direncanakan setiap akhir tahun yaitu berupa pendidikan pelatihan mandatory dan bimbingan teknis.

Keywords

Air Traffic Controller Kompetensi Kantor AirNav Cabang Sentani

Article Details