Main Article Content

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu pengaruh utama dari perusahaan penerbangan yang bisa menjadi nilai jual yang sangat penting bagi perusahaan tersebut, karena konsumen pasti akan mencari pemberi pelayanan terbaik dalam memilih perusahaan penerbangan. Kepuasan adalah terpenuhinya keinginan pengguna jasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan ground handling dan berapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan penumpang maskapai Batik Air rute CGK-SRG di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Penelitian dilakukan di PT Kokapura Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini di dapat dari data primer yaitu data kuesioner. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Microsoft Excel, analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan program SPSS 15,0. Hasil penelitian ini mendukung bahwa Ha diterima Ho ditolak yaitu, adanya pengaruh terhadap pelayanan Ground Handling transportasi udara terhadap kepuasan penumpang. Hal ini dibuktikan dengan hasil hitung nilai signifikan P : 0,001 yang lebih kecil
dari nilai tingkat signifikan (α) 0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan penumpang Maskapai Batik Air rute CGK – SRG di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Dari hasil penelitian ini diketahui besarnya pengaruh variabel pelayanan terhadap keuasan adalah 13,0% sisa nya sebesar 87,0% merupakan sumbangan dari variabel lain.

Keywords

pelayanan ground handling maskapai analisis linier sederhana

Article Details