Main Article Content

Abstract

Ketepatan waktu atau On Time Performance sudah menjadi tolak ukur kepercayaan dari pemakai jasa yang menjadi pilihan untuk melakukan perjalanan. PT Gapura Angkasa merupakan salah satu perusahaan Ground Handling yang berperan dalam menjamin ketepatan waktu maskapai. Salah satu maskapai yang menggunakan jasa PT Gapura Angkasa adalah Maskapai Citilink. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui kinerja PT. Gapura Angkasa dalam menangani On Time Performance maskapai Citilink pada bulan Juni. Selain itu, untuk mengetahui upaya PT. Gapura Angkasa dalam meningkatkan On Time Performance maskapai Citilink. Dalam penyusunannya dilakukan dengan penelitian lapangan yang memanfaatkan data-data primer dari hasil wawancara dan observasi yang didukung dengan data sekunder. Presentase On Time Performance dari total 349 flight yaitu 72%, serta presentase delay nya yaitu 28% dari total 349 flight tersebut. Dan dari total delay 98 flight itu, 7 flight disebabkan oleh kinerja PT Gapura Angkasa dan 91 disebabkan oleh pihak maskapai. Menunjukkan bahwa kinerja PT Gapura Angkasa dalam menangani penerbangan CITILINK sudah maksimal jika dilihat dari on time performancenya.

Keywords

on time performance kinerja ground handling

Article Details