Main Article Content

Abstract

Fasilitas sisi darat merupakan unsur terkait terhadap kepuasan penumpang, semakin memadai fasilitas yang ada maka penumpang puas dengan kinerja perusahaan dan berkelanjutan untuk menggunakan jasa penerbangan kembali. Secara garis besar tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi fasilitas sisi darat (land side) terhadap kepuasan penumpang maskapai penerbangan yaitu, Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia, dan Lion Air di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Penelitian ini menggunakan data kuesioner dengan pengukuran skala likert dan diolah menggunakan SPSS 15.0. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana, dengan kriteria penerimaan hipotesis yaitu jika nilai signifikansi lebih besar dari α=0,05 maka H0
diterima dan Ha ditolak, sedangkan jika nilai signifikansi lebih kecil dari α=0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kondisi fasilitas land side secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang maskapai Garuda Indonesia, Citilink dan Air Asia karena dapat memberikan kontribusi sebesar 96%, 49,2% dan 10%, sedangkan variabel kondisi fasilitas land side tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang maskapai Lion Air, karena hanya dapat memberikan kontribusi 9,8%.

Keywords

pengaruh land side kepuasan penumpang analisis regresi linier sederhana

Article Details