Main Article Content

Abstract

Salah satu pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa transportasi udara yaitu penanganan dan pelayanan terhadap penumpang, bagasi, kargo dan pos, terutama dalam lingkungan terminal di bandara keberangkatan maupun bandara tujuan. Hal tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan ground handling terhadap penumpang yang dilakukan oleh PT. Kokapura Bandara Internasional Achmad Yani Semarang, dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa bandara. Berdasarkan hasil observasi, pelayanan yang diberikan oleh petugas ground handling sesuai dengan SOP (standard operation procedure) untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan petugas dari tugasnya atau dari komplain para penumpang. Fungsi dan peranan ground handling terhadap kepuasan penumpang sangat berpengaruh bagi perusahaan.Pelaksanaan pelayanan ground handling meliputi check-in counter, boarding gate, lost and found dan costumer service. Permasalahan yang dapat terjadi di lost and found adalah salah ambil (wrong taken), bagasi hilang, found baggage/on hand baggage/surplus baggage, damage/pilfered baggage dan temuan bagasi ex cabin.

Keywords

Ground handling service excellent

Article Details