Main Article Content

Abstract

PT. Gapura Angkasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa ground handling, salah satu unit yang ditangani adalah chek-in counter. Keberhasilan perusahaan sangat ditentukan oleh kualitas kinerja yang diberikan, sedangkan kinerja yang berkualitas dapat diidentifikasi melalui kepuasan penggunanya, karena kepuasan atau ketidak puasan penggunanya terhadap suatu kinerja akan mempengaruhi perilaku pengguna selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja petugas chek-in counter PT. Gapura Angkasa terhadap kepuasan penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada penumpang Maskapai Garuda Indonesia. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 76 responden. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kinerja, dan variabel dependennya adalah kepuasan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan Program SPSS for window versi 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja (X) memiliki signifikan α< 0,05 terhadap variabel kepuasan (Y), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan dari hasil uji-F menunjukkan sig. F: 0,000 hal ini menjelaskan bahwa variabel kinerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penumpang. Hasil dari analisis regresi linier sederhana menunjukkan besarnya pengaruh kinerja terhadap kepuasan yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,953 atau 95,3% dan sisanya 4,7% merupakan sumbangan variabel-variabel lain.

Keywords

Kinerja PT Gapura Angkasa kepuasan penumpang analisis linear sederhana

Article Details