Main Article Content

Abstract

Unit operasional berperan penting dalam hal pelayanan ketepatan waktu keberangkatan pesawat dengan tujuan on time performance safety and security, kenyamanan dan ekonomis. Untuk dapat mencapai target On Time Performance perlu dilakukan maksimalisasi kinerja operasi. Bagian operasi harus bekerja maksimal agar pesawat siap berangkat tepat pada jadwalnya. Namun dalam dunia penerbangan hal itu tidak selalu berjalan sesuai harapan dikarenakan adanya hambatan-hambatan eksternal. Hambatan-hambatan tersebut misalnya cuaca, fasilitas bandara yang tidak memadai, traffic dan lain-lain. Hambatan-hambatan tersebut sering terjadi sehingga mengakibatkan terjadinya over ground time yang berdampak pada keterlambatan (delay). Tujuan kajian ini adalah mengetahui peranan dan prosedur
petugas Ramp Handling Maskapai Citilink di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Berdasarkan hasil obeservasi, ramp handling memiliki peranan yang sangat besar dan luas dalam proses ramp service dalam memberikan pelayanan, keselamatan dan keamanan pesawat. Ramp handling merupakan unit kerja yang memiliki peran vital selama proses ramp service. Koordinasi yang dilakukan oleh ramp service membuat pekerjaan dan proses ramp service menjadi lebih terkontrol.

Keywords

Ground handling ramp handling on time performance

Article Details