Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi penumpang terhadap penerapan bagasi berbayar maskapai wings air di bandar udara hajji hassan aroeboesman ende, persepsi penumpang terhadap penerapan bagasi berbayar sangat berguna bagi maskapai untuk mengetahui apa yang perlu di evaluasi dari kebijakan yang diterapkan tersebut. Penelitian di lakukan di bandar udara hajji hassan aroeboesman ende. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif survei, Seluruhenumpang maskapai wings air di bandar udara hajji hassan aroeboesman ende mejadi populasi dalam penelitian ini, dan 100 orang diantaranya yang menggunakan bagasi berbayar menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik kuisioner yang diuji validitasnyaZ menggunakan Pearson Product Moment dan reabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach ,Data terkumpul  dianalisis menggunakan Teknik analisis deskriptif untuk memperoleh nilai mean variabel uji sehingga diketahui kategori persepsi penumpang.Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi penumpang terhadap penerapan bagasi berbayar di bandar udara hajji hassan aroeboesman ende “ Cukup Baik” dengan nilai mean sebesar  3,23, Persepsi dikatakan Cukup Baik apabila Penerapan bagasi berbayar Cukup sesuai dengan harapan pengguna, Persepsi yang Cukup baik, Sangat baik dan Tidak Baik ini menjadi sangat berguna bagi maskapai untuk terus melakukan evaluasi dengan memperhatikan keluhan dari penumpang terkait kebijakan yang diterapkan maskapai tersebut agar kedepanya lebih baik lagi.

Keywords

Persepsi Penumpang Bagasi Berbayar

Article Details