Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode olah data menggunakan SPSS Statistik 21, jumlah reponden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Dalam pembuktian dan menganalisis hal tersebut, maka dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik : uji normalitas, uji linearitas dan uji homogenitas, kemudian uji regresi sederhana, uji determinasi (R2), uji hipotesis : uji t (parsial).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan kualitas pelayanan kemanan Passenger Security Check Point (PSCP) oleh unit Aviation Security terhadap kepuasan penumpang Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak, hasilnya diperoleh dari nilai T hitung 19,365 > 1.984 T tabel dengan nilai sig 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kualitas pelayanan kemanan Passenger Security Check Point (PSCP) oleh unit Aviation Security (AVSEC) memberikan kontribusi terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak sebesar 79,3% yang artinya adalah terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan kemanan Passenger Security Check Point dan kepuasan penumpang.

Article Details