Main Article Content

Abstract

Self check-in merupakan suatu fasilitas yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai prosedur dan persyaratan keamanan serta pelayanan yang menggunakan mesin, tidak termasuk baggage drop. Tujuan diterapkannya mesin self check-in, salah satunya pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta adalah untuk mengurangi jumlah antrian penumpang di check-in counter dan meminimalisir resiko penumpang terlambat. Namun, adanya mesin self check-in masih membuat antrianĀ  check-in counter cukup banyak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang penerapan sistem self check-in pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan data primer dan sekunder yang diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin self check-in cukup efisien digunakan penumpang untuk check-in. dengan adanya mesin self check-in dapat mempersingkat waktu proses check-in dan drop bagasi penumpang. Mesin self check-in beberapa kali mengalami kendala seperti jaringan terputus, sistem eror, printer macet, dan touch screen harus disentuh ulang, maka dari itu pihak maskapai menyediakan Passenger Service Assistant (PSA) untuk mengawasi dan menangani kendala mesin self check-in.

Keywords

Self Check-in Efisiensi Penumpang

Article Details