Main Article Content

Abstract

Dalam menyediakan fasilitas untuk kenyaman pengguna jasa bandar udara, sudah seharusnya pihak bandar udara menyediakan fasilitas bukan hanya fasilitas umum namun fasilitas yang ramah bagi penumpang penyandang disabilitas dan juga sesuai dengan peraturan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana Fasilitas Pelayanan Penumpang Disabilitas yang telah disediakan oleh pihak Bandar Udara Domine Eduard Osok Sorong. Pada penelitian ini, peneliti hanya membatasi pada area terminal Bandar Udara Domine Eduard Osok Sorong, dimana menjadi tempat penumpang melakukan aktifitas sebelum naik ke pesawat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti langsung melakukan observasi dilapangan sekaligus melakukan dokumentasi. Untuk wawancara peneliti melakukannya kepada 3 narasumber. Teknik analisi data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pembahasan dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa masih ada beberapa fasilitas penumpang disabilitas yang belum tersedia di bandar udara domine eduard osok sorong. Fasilitas yang telah di sediakan pihak bandar udara sudah cukup juga untuk aksesnya mudah bagi penumpang disabilitas. Fasilitas disabilitas sangat penting untuk mendukung kegiatan para penumpang disabilitas di bandar udara.

Keywords

Fasilitas Pelayanan Penumpang Disabilitas

Article Details