Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan Check in Counter pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Juanda Surabaya dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan petugas pasasi dalam memberikan penanganan Check in Counter pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Juanda Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan informan sebanyak 8 informan yang terdiri dari 4 staff dan 4 penumpang. Hasil analisis menemukan bahwa pelayanan check-in counter pada maskapai Citilink di Bandar Udara Juanda Surabaya sudah sangat baik dan sangat memuaskan konsumen. Kendala-kendala yang dihadapi petugas saat check-in hanya pada saat keadaan ramai penumpang yang membuat antrian panjang sehingga membuat petugas kelelahan dan terjadi human error. Kemudian, Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan petugas pasasi dalam memberikan penanganan Check in Counter pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Juanda Surabaya adalah product knowledge, attitude, security and safety, dan social layout fasilitas bandara.