Main Article Content

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah efektivitas kerja petugas Check Point akan berpengaruh terhadap kualitas pre-flight services selama Covid-19 di Bandar Udara APT Pranoto. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas kerja petugas Check Point terhadap kualitas pre-flight services selama Covid-19 di Bandar Udara APT Pranoto. Ide judul penelitian diambil berdasarkan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi serta berdasarkan pengalaman pribadi peneliti ketika melakukan penerbangan melalui Bandar Udara APT Pranoto Samarinda ketika pandemi Covid-19.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan penyebaran kuesioner kepada penumpang secara online dan offline. Penelitian dilakukan di Bandar Udara APT Pranoto pada 13-26 September 2021 dengan kriteria responden yang telah ditentukan. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 112 responden. Hasil jawaban kuesioner responden kemudian dianalisis menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) untuk menjawab rumusan masalah penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kerja petugas Check Point berpengaruh terhadap kualitas pre-flight services selama Covid-19 di Bandar Udara APT Pranoto, dengan besar pengaruh yang cukup signifikan yaitu 78%. Setiap penambahan 1% efektivitas kerja petugas Check Point (X), maka kualitas pre-flight services selama Covid-19 (Y) akan meningkat sebesar 1,363. Hasil kuesioner, yaitu rata-rata jawaban responden, untuk masing-masing variabel X dan variabel Y adalah B (Baik). Namun berdasarkan observasi, rata-rata nilai yang diberikan oleh peneliti untuk variabel X adalah 3 (Cukup), dan untuk variabel Y adalah 4 (Baik).

Keywords

Efektivitas Kerja Petugas Check Point Kualitas Pelayanan Pre-Flight Service

Article Details