Main Article Content

Abstract

Dengan semakin berkembangnya penggunaan sosial media, maka banyak perusahaan yang memasang iklan di media sosial untuk membangun keinginan membeli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh iklan di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket maskapai Citilink di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan instrumen angket dan subjek penelitian yang di gunakan adalah penumpang Citilink di Bandar Udara Ahmad Yani yang berjumlah 100 orang. Analisis data dan pengujian hipotesis dikerjakan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda melalui SPSS versi 22. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial iklan di media sosial tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan dengan nilai thitungĀ  sebesar -.525. Sedangkan Word Of Mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitungĀ  sebesar 4.478. Secara simultan kedua variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai fhitung sebesar 10.030.

Keywords

iklan ,word of mouth keputusan pembelian

Article Details