Main Article Content

Abstract

Transportasi udara merupakan alat transportasi yang banyak diminati karena dapat mempermudah perjalanan. Transportasi tersebut sering mengalami penundaan dan pembatalan penerbangan  maskapai terjadi secara tiba-tiba, dan kecelakaan pesawat sering terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana  maskapai penerbangan PT Citilink JOG Adisutjipto  memberikan perlindungan  konsumen terkait jadwal penerbangan yang tidak efektif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Deskripsi kualitatif  mengumpulkan data dengan beberapa cara, antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kajian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif yang berpusat pada wawancara dan observasi terhadap ahli patologi yang berpartisipasi melakukan analisis data berupa analisis tekstual hasil dari  transkrip tidak terstruktur atau catatan lapangan . Hasil  penelitian ini membentuk tanggung jawab maskapai  atas keterlambatan penumpang dengan memberikan ganti rugi sebesar Rp300.000 per penumpang, sesuai kebijakan yang telah ditetapkan. Tiket penumpang dapat membuktikan perlindungan hukum  penumpang sebagai konsumen yang dirugikan oleh penundaan penerbangan berdasarkan Undang-Undang Angkutan Udara dan PM77 2011.

Keywords

transportasi udara deskripsi kualitatif observasi

Article Details