Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar dampak pengaruh berita kecelakaan pesawat sriwijaya air SJ 182 di media internet terhadap citra jasa maskapai sriwijaya air khususnya bagi pelanggan perusahaan penerbangan termasuk para Taruna di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner dan dokumentasi. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana serta uji T. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel pengaruh berita kecelakaan pesawat Sriwijaya Air 182 di media internet terhadap variabel citra jasa maskapai Sriwijaya Air. 2) Berita kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di media internet berpengaruh kecil terhadap citra jasa Maskapai Sriwijaya Air yaitu sebesar 31,6 % .