Main Article Content

Abstract

Strategi pemasaran maskapai Lion Air mempunyai daya tarik tersensiri bagi masyarakat. Maskapai ini menjadi salah satu pilihan maskapai bertarif rendah yang ada di Indonesia, dengan mengusung konsep LCC dengan brand image yang sangat melekat dengan Lion Air yaitu harga tiket yang murah dan memiliki rute penerbangan yang banyak merupakan daya tarik tersendiri bagi Lion Air. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil strategi pemasaran yang membawa Lion Air berada pada tingkat keberhasilan sebagai maskapai  bertarif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantanagg yang dimiliki oleh perusahaan. Penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kulitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Narasumber penilitian ini adalah pegawai maskapai Lion Air Bandar Udara Adi Soemarmo yang terdiri dari Manager Operation Ground, Staff Marketing, Administrasi. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan Analisis SWOT. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa Lin Air memiliki kekuatan pemasaran yang telah diterapkan terletak pada brand image Lion Air yang sudah sangat melekat pada masyarakat yaitu harga tiket murah dan pilihan rute penerbangan yang beragam dilihat dari rute penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Adi Soemarmo yang mendominasi disbanding maskapai lain. Dimana hal tersebut berarti bahwa Maskapai Lion Air memiliki faktor internal yang kuat untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Keywords

Strategi Pemasaran Lion Air Tarif Rendah Daya Saing

Article Details