Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


Maskapai Citilink Indonesia terus berupaya sebaik mungkin dalam mengembangkan bisnisnya dengan berbagai inovasi salah satunya dengan mengadakan promosi. Kegiatan Promosi cukup penting bagi perusahan agar mendapatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan menggunakan jasa Maskapai Citilink di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Dalam memperoleh data pada penelitian ini penulis menggunakan metode angket atau kuisioner serta observasi.


Data penelitian di peroleh dari hasil penyebaran kuisioner kepada 100 reponden dengan menyebarkan kepada seluruh pelanggan yang sudah menggunakan jasa Maskapai Citilink Indonesia. Metode pengolahan data yang di gunakan penulis adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik serta hipotesis yang meliputi uji regresi sederhana, uji T, uji koefisien determinasi (R2). Hasil pada penelitian ini dapat diketahui dari hasil analisis regresi sederhana menggunakan aplikasi SPSS bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menggunakan jasa sebesar 65,1%. Serta nilai signifikansi yaitu 0,000 atau <0,005 yang di artikan data tersebut kuat dan dapat menjadi solusi untuk menjawab penelitian ini.


 


Kata kunci: Pengaruh Promosi, keputusan menggunakan jasa dan maskapai Citilink.


 


ABSTRACT


Citilink Indonesia continues to do its best in developing its business with various innovations, one of which is by holding promotions. Promotional activities are quite important for companies to get customer loyalty. This study aims to determine the effect of promotion on the decision to use the services of Citilink Airlines at Juanda International Airport, Surabaya. In obtaining the data in this study, the authors used the method of questionnaires or questionnaires and observation.


The research data was obtained from the results of distributing questionnaires to 100 respondents by distributing it to all customers who have used the services of Citilink Indonesia Airlines. The data processing method used by the author is a validity test, reliability test and classical assumption test as well as hypotheses which include simple regression test, T test, coefficient of determination test (R2). The results in this study can be seen from the results of simple regression analysis using the SPSS application that the promotion variable has a positive and significant effect on the decision variable to use services by 65.1%. And the significance value is 0.000 or <0.005 which means the data is strong and can be a solution to answer this research.


 


Keywords: Promotion Effect, decision to use services and Citilink airlines.

Keywords

Pengaruh Promosi Keputusan Menggunakan Jasa Maskapai Citilink

Article Details