Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan lalu lintas pariwisata dikarenakan Bali mempunyai obyek wisata yang menarik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. PT (Persero) Angkasa Pura I mempunyai suatu unit yang ditugaskan untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan sesuai kebutuhan, unit ini adalah unit CSO (Customers Service Officer). Unit CSO juga berperan dalam memberikan pelayanan informasi pariwisata. Peranan customer service dalam memajukan kepariwisataan menarik untuk dikaji. Tujuan dari kajian ini adalah mengkaji peranan customer service officer untuk memajukan pariwisata di Bali, dan mengetahui pelayanan kepariwisataan yang diberikan customer oleh customer service officer. Penelitian ini bersifat kualitatif, sedangkan metode yang digunakan metode deskriptif. Dalam penyusunannya dilakukan dengan penelitian lapangan yang memanfaatkan data-data primer dari hasil wawancara yang didukung dengan data sekunder.
Pelayanan kepariwisataan yang diberikan kepada customer oleh customer service officer dapat mewujudkan pelayanan yang memuaskan kepada customer dan beberapa pelayanan kepariwisataan yang diberikan customer service officer kepada customer yakni pelayanan public information desk dan pelayanan telephone information center.

Keywords

Customer service pariwisata public information

Article Details