Main Article Content

Abstract

Perkembangan industri penerbangan disebabkan karena meningkatnya jumpah pengguna jasa transportasi udara. Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga membutuhkan transportasi udara ketika hendak bepergian dari provinsi satu keprovinsi lain. Indonesia memiliki bandara yang tersebar di seluruh provinsi baik bertaraf nasional maupun internasional. Bandara adi Sucipto merupakan salah satu bandara bertaraf internasional yang terletak di Solo. Salah satu fasilitas pelayanan yang diberikan di bandara Adi Sucipto adalah unit informasi. unit informasi merupakan salah satu sarana informasi yang langsung berhubungan dengan penumpang. Unit informasi merupakan salah satu fasilitas yang diberikan untuk penumpang. Unit informasi dalam memberikan pelayanan harus cepat dan tepat, hal ini berpengaruh terhadap kepuasan para pengguna jasa. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna jasa.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan unit informasi dalam melayani jasa, mendiskripsikan mutu dan kualitas pelayanan informasi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo, untuk mengetahui kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan unit informasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari sumber asli atau pihak pertama melalui observasi terhadap pengguna jasa dan wawancara terhadap petugas unit informasi. Data sekunder adalah data yang didapat secara tidak langsung, misalnya dari studi pustaka, arsip, catatan dokumen berupa jadwal penerbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan pelayanan petugas unit informasi masih kurang akurat dan teruji kebenaranya, kurang tepat waktu dalam memberikan informasi, kurang berkerjasama dengan unit-unit atau maskapai yang berada di bandar udara, kurang cepat dan tanggap, fasilitas yang digunakan unit informasi masih manual, hal ini dapat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa. Pengguna jasa merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan kepada unit informasi, hal ini disebabkan karena di unit informasi masih menggunakan fasilitas-fasilitas yang manual sehingga informasi yang diberikan terlambat atau tidak tepat waktu dan kurang akurat.

Keywords

unit informasi pelayanan jasa kepuasan penumpang

Article Details