Main Article Content

Abstract

Semakin berkembangnya jasa transportasi udara saat ini, perusahaan penerbangan berusaha meningkatkan kinerjanya termasuk kinerja petugas Arrival Hall yang bertugas menangani pelayanan bagasi. Garuda Indonesia merupakan maskapai terbesar Indonesia dan terkenal memberikan pelayanan yang prima. Oleh karena itu dalam memberikan pelayanan bagasi petugas Arrival Hall dituntun untuk menghasilkan kinerja yang baik agar dapat memberikan kepuasan kepada penumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kinerja petugas Arrival Hall dalam pelayanan bagasi dengan tingkat kepuasan penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada penumpang Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Metode analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi (Correlation Analysis) dengan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS 15.0. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis koefisen korelasi menghasilkan nilai r = 0,5721 dikategorikan bahwa variabel kinerja petugas Arrival Hall dan variabel tingkat kepuasan penumpang mempunyai hubungan cukup kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada hubungan antara variabel kinerja petugas Arrival Hall dengan variabel kepuasan penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

Keywords

Kinerja petugas arrival hall kepuasan penumpang koeifisien korelasi

Article Details