Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Adi Soemarmo merupakan tonggak kemajuan kota solo sebagai destinasi wisata bagi wisatawan asing maupun domestik. Maka dari itu keberadaan Customer Service sebagai pusat informasi utama bagi para wisatawan asing maupun domestik untuk mencari informasi mengenai seputar Bandar Udara Adi Soemarmo atau bahkan informasi seputar Jawa Tengah bagi para pendatang atau wisatawan sangat penting.Seorang Customer Service Bandar Udara memiliki peran dan fungsi yang sedikit berbeda dengan Customer Service perusahaan yang bergerak di bidang jasa lainnya. Customer Service Bandar Udara akan dihadapkan pada sejumlah pelanggan yang berasal dari suku, bangsa, agama, dan latar belakang ekonomi yang berbeda. Begitu beragam latar belakang penumpang yang harus dilayani dengan baik, membuat seorang Customer Service sebuah Bandar Udara harus memiliki skill komunikasi yang baik, karena mereka merupakan pusat informasi utama dalam Bandar Udara tersebut. Jadi, seorang Customer Service Bandar Udara diharapkan mampu untuk meminimalisir kesalahan informasi atau pesan yang akan
disampaikan kepada penumpang karena akan berkelanjutan dengan pemahaman penumpang selanjutnya Jadi, seorang Customer Service di sebuah Bandar Udara harus memiliki strategi komunikasi yang baik dalam melayani penumpangnya, baik penumpang wisatawan asing maupun domestik. Strategi komunikasi yang ditunjukan seorang customer service di Bandar Udara Adi Soemarmo dalam melayani penumpang wisatawan asing maupun domestik yaitu dengan strategi 5S ( Senyum, salam, sapa,sopan, santun), kecerdasan atau pengetahuan yang luas, handal dalam berkomunikasi, dan cepat tanggap dalam menyelesaikan permasalahan serta penampilan yang rapi dan menarik dari para pegawai Customer Service.Tidak ada perbedaan strategi pelayanan dalam menangani penumpang wisatawan
asing maupun domestik.

Keywords

Customer service penumpang asing dan domestik pelayanan

Article Details