Main Article Content

Abstract

Penumpang bisnis Maskapai China Airline diberikan sebuah pelayanan di ruang tunggu (Boarding room) di terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya diantaranya adalah pelayanan makan (breakfast, luch, dinner). Dalamdunia industri penerbangan, faktor kepuasan sangat di pengaruhi oleh pelayanan dan fasilitas yang diberikan olehperusahaan, termasuk dalam penyajian makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis makanan yang disajikan kepada penumpang bisnis diruang tunggu ( executive lounge ) pada Maskapai China Airline di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Selain itu, untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang bisnis terhadap penyajian makanan pada Maskapai China Airline di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Data penelitian ini didapatkan dari penumpang yang dimintai tanggapan melalui kuisioner yang diberikan. Respoden dalam penelitian ini adalah penumpang bisnis di ruang tunggu executive maskapai China Airline Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Kuisioner penelitian ini digunakan
untuk mengukur variabel tingkat kepuasan penumpang. Hasil analisis data dengan uji-t rata-rata kepuasan penumpang bisnis terhadap penyajian makanan pada penumpang maskapai China Airlines di bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Hal ini dibuktikan bahwa penumpang bisnis Maskapai China Airlines lebih menyukai hidangan makanan yang berasal dari Indonesia hal itu dikarenakan penumpang bisnis banyak berasal dari dalam negeri, jenis makanan yang disajikan kepada penumpang bisnis Maskapai China Airlines diantaranya adalah : Nasi soto madura, Rawon surabaya, Nasi Goreng, dan lain-lain. Hasil analisis uji-t rata-rata menunjukkan bahwa terdapat tingkat kepuasan penumpang bisnis Maskapai China Airlines terhadap penyajian makanan di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya berada pada nilai 0,385 dan berada diantara 0,300 – 0,399 yang masuk dalam kriteria puas.

Keywords

Kepuasan penumpang penyajian makanan penumpang bisnis

Article Details