Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Preferensi Moda Transportasi, Inovasi Pelayanan, Kepuasan Pengunjung, dan Revisit Intention dalam konteks industri pariwisata. Populasi penelitian ini adalah pengunjung wahana wisata dengan metode Structural Path Analysis (SEM) dengan bantuan software AMOS yang digunakan untuk menguji model konseptual yang diusulkan. Data dikumpulkan dari wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di wilayah DIY, menggunakan kuesioner yang menilai persepsi mereka terhadap Preferensi Moda Transportasi, Inovasi Pelayanan, Tingkat Kepuasan Pengunjung, dan Niat Berkunjung Kembali. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara langsung antara Inovasi Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung. Lebih lanjut, temuan ini menunjukkan bahwa Kepuasan Pengunjung memediasi hubungan antara Inovasi Layanan dan niat kunjungan berulang. Hal ini menegaskan bahwa selain pengaruh langsung, kepuasan yang dirasakan pengunjung juga berperan penting dalam menghubungkan Inovasi Layanan dengan Revisit Intent. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pentingnya tidak hanya berfokus pada inovasi layanan sebagai faktor pendorong niat berkunjung berulang, namun juga perhatian diberikan untuk menciptakan kepuasan pengunjung melalui inovasi tersebut. Temuan ini dapat memberikan panduan berharga bagi para praktisi industri pariwisata untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan mendorong kunjungan berulang

Keywords

Preferensi Moda Transportasi Inovasi Pelayanan Kepuasan Pengunjung Niat Berkunjung Kembali

Article Details