Main Article Content

Abstract

Struktur sayap pesawat terbang berfungsi untuk mentransfer beban-beban yang terjadi pada permukaan pesawat ke bidang lain yang memiliki kekuatan lebih besar sehingga komponen pesawat tidak mengalami kegagalan karena setiap komponen menerima beban yang relatif kecil. Struktur yang dibuat harus memiliki kekuatan maksimal dengan berat seringan mungkin serta memenuhi faktor keamanan (safety factor). Penelitian ini melakukan desain dan analisis kekuatan struktur sayap pesawat dengan memvariasikan beberapa material. Jenis material yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komposit TORAY T700SC-12K-50C, Aluminium Alloy 2014 T6 dan Titanium Ti-5553. Material komposit dengan susunan arah serat dimana lamina disusun secara simetris dengan arah serat untuk bagian shell dasar airfoil (0°/30°/90°/-30°/0°), dan untuk arah serat Ribs dan Spars (0°/45°/45°/90°), untuk ketebalan sebesar 0,00021 m atau 0,21 mm, Thickness (ketebalan) dibuat seragam dari wingroot sampai dengan wingtip. Dalam penelitian ini diperoleh Stress dan Displacement pada ketebalan yang seragam dimana dengan pembebanan 1 Mpa untuk material komposit dan ketebalan yang seragam 0,21 mm adalah 76.200 Mpa, Aluminium Alloy 2014 T6 pada nilai 87.510 MPa dan untuk Titanium sebesar 87.740 MPa.

Keywords

Struktur sayap Komposit Titanium, Stress Displacement Abaqus

Article Details